Selamat Datang di Media Informasi Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi

Kelompok Tani

No Kecamatan Kelurahan Nama Kelompok Alamat Ketua Kelas Kelompok
1 Baros Sudajaya Hilir Harapan Maju I Kp. Pasir Pogor RT.2/7 Kel. Sudajaya Hilir Kec. Baros Dili Rusyana Lanjut
2 Baros Sudajaya Hilir Harapan Maju II Kp.Pangkalan RT.2/6 Kel. Sudajaya Hilir Kec. Baros Aep Saepudin Pemula
3 Baros Sudajaya Hilir Harapan Maju III Kp.Balandongan RT.4/5 Kel. Sudajaya Hilir Kec. Baros Oman Abdurohman Lanjut
4 Baros Sudajaya Hilir Empang Harapan Kp.Balandongan RT 4/5 Kel. Sudajaya Hilir Kec. Baros Aang Pemula
5 Baros Jaya Mekar Bina Mekar I Kp Babakan RT.1/5 Kel. Jaya Mekar Kec. Baros Karsudin Madya
6 Baros Jaya Mekar Bina Mekar II Kp. Cicadas Girang RT.3/3 Kel. Jaya Mekar Kec. Baros H. Nana Sukarna Madya
7 Baros Jaya Mekar Bina Mekar III Kp. Tespong RT.1/1 Kel. Jaya Mekar Kec. Baros Ece Maslan Madya
8 Baros Jaya Mekar Bina Mekar IV Kp. Cicadas Kaler RT.3/5 Kel. Jaya Mekar Kec. Baros Abdul Kodir Lanjut
9 Baros Jaya Raksa Sinar Jaya Raksa I Kp. Sudajaya RT.1/1 Kel. Jaya Raksa Kec. Baros Uman Suherman Pemula
10 Baros Jaya Raksa Sinar Jaya Raksa II Kp. Sudajaya RT.2/3 Kel. Jaya Raksa Kec. Baros Nanang Efendi Lanjut
11 Baros Jaya Raksa Sinar Jayaraksa III Kp. Cikeong RT.5/5 Kel. Jaya Raksa Kec. Baros E. Mustpfa Lanjut
12 Baros Jaya Raksa Uriza Latifa Kp. Tugu RT.4/4 Kel. Jaya Raksa Kec. Baros Asep Khoerudin Lanjut
13 Baros Jaya Raksa Sinar Jayaraksa (KWT) Perum Asabri Kel. Jaya Raksa Kec. Baros Yuyun Pemula
14 Baros Jaya Raksa Kreatif Sejahtera (KWT) Kp. Tugu RT.4/4 Kel. Jaya Raksa Kec. Baros Elis Sunarti Pemula
15 Baros Baros Bunga Tanjung I Kp. Cipeujeuh RT.2/3 Kel. Baros Kec. Baros Idin Hapidin Madya
16 Baros Baros Bunga Tanjung II Kp. Sukamaju Rt 01/09. Kel. Baros Kec. Baros Ade Saripudin Lanjut
17 Baros Baros Berkah Tani Kp. Caringin Legok Rt 02/18 Kel. Baros Kec. Baros Asep Saepuloh Lanjut
18 Baros Baros Tani Mukti Kp. Babakan Baros Rt 03/05 Kel. Baros Kec. Baros Adom Sutiana Lanjut
19 Baros Baros Bunga Tanjung I (KWT) Cipeujeuh Rt 01/03 Kel. Baros Kec. Baros Eli Sumirat Pemula
20 Baros Baros Bunga Tanjung (KWT) Kp Sukasari Rt 02/07 Kel. Baros Kec. Baros Siti Marhayati Pemula
21 Lembursitu Lembursitu Sugih Tani I Kp. Salakaso RT.3/7 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Asep Suwardi Lanjut
22 Lembursitu Lembursitu Sugih Tani II Kp. Tegallega RT.2/20 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Ecin Kuraesin Lanjut
23 Lembursitu Lembursitu Subur Tani I Kp. Pasar Saptu RT.3/18 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Emi Sulaemi Lanjut
24 Lembursitu Lembursitu Subur Tani II Kp. Nangerang RT.2/16 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Emen Lanjut
25 Lembursitu Lembursitu Mekar Jaya Kp. Nangerang RT.2/14 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Aneng Madya
26 Lembursitu Lembursitu Kamboja II Kp. Bojongloa RT.3/11 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Rodjai Supriatna Madya
27 Lembursitu Lembursitu Mulya Tani Lembur Tipar RW.8 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Emen Pemula
28 Lembursitu Lembursitu Tani Mukti Lembursitu RT.1/5 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Abas Basari Lanjut
29 Lembursitu Lembursitu Tani Santosa Lembur Tipar RW.8 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Rahmat Saepudin Lanjut
30 Lembursitu Lembursitu Mekar Jaya (KWT) Kp. Nangerang RT.2/14 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Tati Maryati Pemula
31 Lembursitu Lembursitu Tani Mukti (KWT) Lembursitu RT.2/5 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Eli Daryati Pemula
32 Lembursitu Lembursitu Sugih Lestari (KWT) Tegallega Rt.02/20 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Cucu Lisnawati Pemula
33 Lembursitu Lembursitu Subur Tani II (KWT) Nanggerang Rt.01/16 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Ati Kusmiati Pemula
34 Lembursitu Lembursitu Srikandi (KWT) Tegallega Rt.02/17 Kel. Lembursitu Kec. Lembursitu Teti Maryati Pemula
35 Lembursitu Situmekar Harum Mekar Sari Jeruk Nyelap Kel. Situmekar Kec. Lembursitu Dadang Robianto Lanjut
36 Lembursitu Situmekar Harum II Cipanengah Hilir Kel. Situmekar Kec. Lembursitu H. Badrudin Pemula
37 Lembursitu Situmekar Harum III Pangkalan Kel. Situmekar Kec. Lembursitu Hj. Lilih Nurhayati Lanjut
38 Lembursitu Situmekar Harum IV Tegal Jambu Kel. Situmekar Kec. Lembursitu Kandi Suhandi Lanjut
39 Lembursitu Situmekar Harum V Parigi Kel. Situmekar Kec. Lembursitu Tina Kartina Madya
40 Lembursitu Situmekar Dewi Sentani (KWT) Cipanengah Hilir Kel. Situmekar Kec. Lembursitu Titin Kartini Pemula
41 Lembursitu Cipanengah Bina Tani Cipanengah Kel. Cipanengah Kec. Lembursitu H. Sopandi Lanjut
42 Lembursitu Cipanengah Rahayu Tani Tegalaya Kel. Cipanengah Kec. Lembursitu Dedi Pemula
43 Lembursitu Cipanengah Serba Guna Situgede Kel. Cipanengah Kec. Lembursitu Wawan Hidayat Lanjut
44 Lembursitu Cipanengah Sugih Tani Lembur Cukang Kel. Cipanengah Kec. Lembursitu Nunung S Lanjut
45 Lembursitu Cipanengah Aster Ungu (KWT) Situgede Kel. Cipanengah Kec. Lembursitu Dian Sulistiana Pemula
46 Lembursitu Cikundul Tatali Wargi I Joglo Rw 03 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Acun Utama
47 Lembursitu Cikundul Tatali Wargi II Cikundul Girang Rt 03/07 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Juna Lanjut
48 Lembursitu Cikundul Tatali Wargi III Cicadas Girang Rt 04/09 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Nanang Lanjut
49 Lembursitu Cikundul Tatali Wargi IV Tegal Panjang Rw 02 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Idon S Madya
50 Lembursitu Cikundul Mekar Sari Cipanas Cikundul Kel. Cikundul Kec. Lembursitu M.A. Dawami Lanjut
51 Lembursitu Cikundul Maju Jaya Cikundul Girang Rt 01/10 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Ali Rahman Lanjut
52 Lembursitu Cikundul Warga Wargi Cikundul Girang Rt 03/07 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Dedi R Lanjut
53 Lembursitu Cikundul Sekar Jaya KWT Cikundul Girang Rt 01/10 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Emul Pemula
54 Lembursitu Cikundul Az Zahra KWT Cicadas Girang Rt 04/09 Kel. Cikundul Kec. Lembursitu Ade Pemula
55 Lembursitu Sindangsari Mekartani I Cipanengah Kel. Sindangsari Kec. Lembursitu Pepen Lanjut
56 Lembursitu Sindangsari Mekartani II Cebek-Sindangsari Kel. Sindangsari Kec. Lembursitu Didin Lanjut
57 Lembursitu Sindangsari Mekartani III Lembur Pasir Kel. Sindangsari Kec. Lembursitu S. Jafar Madya
58 Lembursitu Sindangsari Mekartani IV Rawabungur Kel. Sindangsari Kec. Lembursitu Kenda Lanjut
59 Lembursitu Sindangsari Mekartani V Limusnunggal Kel. Sindangsari Kec. Lembursitu Oha Lanjut
60 Lembursitu Sindangsari Dahlia (KWT) Sindangsari Kel. Sindangsari Kec. Lembursitu Yayah Lanjut
61 Cibeureum Sindangpalay Subur Tani Cibungur Rw. 03 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Edem Lanjut
62 Cibeureum Sindangpalay Satria Tani Rancakadu Rt.02/04 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Abdul Kohar Lanjut
63 Cibeureum Sindangpalay Maju Terus I Cibuntu Rt.02 Rw.01 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Dadun A K Pemula
64 Cibeureum Sindangpalay Maju Terus II Rancakadu Rt.04/04 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Cece Sulaeman Lanjut
65 Cibeureum Sindangpalay Bina Sejahtera Legok Rw. 09 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Dade Suherman Pemula
66 Cibeureum Sindangpalay Afinitas Lestari (KWT) Rt 02/Rw 01 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Siti Hajar Pemula
67 Cibeureum Sindangpalay Sindangpalay (KWT) Rt 04/Rw 04 Kel. Sindangpalay Kec. Cibeureum Heni R Pemula
68 Cibeureum Limusnunggal Sugih Mukti I Rt 03/Rw 04 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Makbul Sanusi Pemula
69 Cibeureum Limusnunggal Harapan Jaya Rt 01/Rw 09 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Nenda Lanjut
70 Cibeureum Limusnunggal Karang Mekar Rt 01/Rw 10 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Uher Suherman Pemula
71 Cibeureum Limusnunggal Tentram Rt 02/Rw 10 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Dade Somawinata Pemula
72 Cibeureum Limusnunggal Makmur Rt 02/Rw 07 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Cece Jahidin Lanjut
73 Cibeureum Limusnunggal Sugih Mukti II Rt. 01/Rw. 05 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum U. Hamdan Pemula
74 Cibeureum Limusnunggal Bungbulang Rt, 01/Rw01 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Yudi Yudiana Pemula
75 Cibeureum Limusnunggal Istiqamah (KWT) Rt 02/Rw 10 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Nining Ningsih Pemula
76 Cibeureum Limusnunggal Makmur KWT Rt 02/Rw 07 Kel. Limusnunggal Kec. Cibeureum Cucu Sumarni Pemula
77 Cibeureum Babakan Karya Tani I Rt 01/Rw 08 Kel. Babakan Kec. Cibeureum Tonsa Hidayat Madya
78 Cibeureum Babakan Mandiri Rt 02/Rw 07 Kel. Babakan Kec. Cibeureum Usep Sutiawan Lanjut
79 Cibeureum Babakan Mitra Subur Tani Rt 03/Rw 03 Kel. Babakan Kec. Cibeureum Oim Abdurohim Madya
80 Cibeureum Babakan Jembar Jaya Rt 01/Rw 04 Kel. Babakan Kec. Cibeureum Tutang M Lanjut
81 Cibeureum Babakan Subur Makmur Rt 02/Rw 04 Kel. Babakan Kec. Cibeureum Deden Solehudin Lanjut
82 Cibeureum Babakan Sarasa Sariksa Rt 02/Rw 05 Kel. Babakan Kec. Cibeureum Cecep Surahmat Lanjut
83 Cibeureum Babakan Selakaso KWT Selakaso Rt 02/03 Kel. Babakan Kec. Cibeureum Yuyu Yuhana Pemula
84 Cibeureum Cibeureum Hilir Barokah Rt 03/Rw 04 Kel. Cibeureum Hilir Kec. Cibeureum Tatang Tuskayat Madya
85 Cibeureum Cibeureum Hilir Mutiara Rt 02/Rw 04 Kel. Cibeureum Hilir Kec. Cibeureum Jajang Lanjut
86 Cibeureum Cibeureum Hilir Saroja Rt 02/Rw 03 Kel. Cibeureum Hilir Kec. Cibeureum Edi Supriyadi Lanjut
87 Cibeureum Cibeureum Hilir Harapan Kaya Rt 02/Rw 02 Kel. Cibeureum Hilir Kec. Cibeureum Endang Surahman Lanjut
88 Cibeureum Cibeureum Hilir Hidayah Saluyu Rt. 3/Rw.08 Kel. Cibeureum Hilir Kec. Cibeureum U. Samsudin Lanjut
89 Cibeureum Cibeureum Hilir Barokah II Rt.02/Rw.05 Kel. Cibeureum Hilir Kec. Cibeureum Cecep Karyudi Lanjut
90 Citamiang Cikondang Kondang Tani I Kp. Dayeuhluhur RT.3/3 Kel. Cikondang Kec. Citamiang Ahmad Muwardi Lanjut
91 Citamiang Cikondang Kondang Tani II Kp. Babakan RW.8 Kel. Cikondang Kec. Citamiang Ujang Muhtar Lanjut
92 Citamiang Cikondang Istri Binangkit (KWT) Kp. Dayeuhluhur RT.3/3 Kel. Cikondang Kec. Citamiang Ida Pemula
93 Citamiang Gedong Panjang Rajawali Gg. Bani Samayan RT.3/3 Kel. Gedong Panjang Kec. Citamiang Ade Rahmat Lanjut
94 Citamiang Gedong Panjang Bina Tani Kp. Tonjong RT.2/2 Kel. Gedong Panjang Kec. Citamiang Odang jayadi Lanjut
95 Citamiang Gedong Panjang Bina Tani Sejahtera Kp. Lamping RT.3/5 Kel. Gedong Panjang Kec. Citamiang Abdul Hamid Lanjut
96 Citamiang Gedong Panjang Srikandi Mandiri (KWT) Kp. Gempar RW 06 Kel. Gedong Panjang Kec. Citamiang Enung Lina R Pemula
97 Citamiang Citamiang Dewi Sri I Kp. Sawahlega RT.6/4 Kel. Citamiang Kec. Citamiang Usup Supryadi Lanjut
98 Citamiang Citamiang Dewi Sri II Babakan Indah RT.4/4 Kel. Citamiang Kec. Citamiang Idjromi Madya
99 Citamiang Citamiang Buah Papino (KWT) Gg. Sumberjaya RT.7/5 Kel. Citamiang Kec. Citamiang Renti Handayani Pemula
100 Citamiang Citamiang Alam Asri Komp SMA PGRI Rt 03/04 Kel. Citamiang Kec. Citamiang Wawan Suhanda Pemula
101 Citamiang Nanggeleng Cisuda Permai I Babakan Bandung RT.6/3 Kel. Nanggeleng Kec. Citamiang Asep Setiawan, SIP Lanjut
102 Citamiang Nanggeleng Cisuda Permai II Babakan Bandung RT.3/3 Kel. Nanggeleng Kec. Citamiang Rudi Pemula
103 Citamiang Nanggeleng Barokah Jl. R.E Suryanta RT.2/9 Kel. Nanggeleng Kec. Citamiang Mamat Rahmat  
104 Citamiang Tipar Kartini Mandiri Jl. Pemuda II Kopti rt 09/04 Kel. Tipar Kec. Citamiang Ineu Susanti Pemula
105 Warudoyong Dayeuh Luhur Sugih Mukti Kp. Bbk Peundeuy RT.1/15 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Dayat Lanjut
106 Warudoyong Dayeuh Luhur Mukti Tani Kp. Pabuaran RT. 2/6 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Dendi Lanjut
107 Warudoyong Dayeuh Luhur Dharma Tata usaha Benteng Kidul RT. 5/02 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Suherman Madya
108 Warudoyong Dayeuh Luhur Jaya Mekar Cikapek RT. 01/10 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Anda Suganda Lanjut
109 Warudoyong Dayeuh Luhur Bibilintik Kp. Ciendog RT. 3/18 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong ME. Rhasidin Lanjut
110 Warudoyong Dayeuh Luhur Silih Asih Cipanengah RT. 1/21 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Ucup Supyan Tsyauri Lanjut
111 Warudoyong Dayeuh Luhur Sri Rahayu Jl. Sawahbera RT. 2/4 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Jajang Hermawan Lanjut
112 Warudoyong Dayeuh Luhur Sansevieria (KWT) Cipanengah Girang 21 Kel. Dayeuh Luhur Kec. Warudoyong Dede Nani Herliani Pemula
113 Warudoyong Benteng Sejahtera Abadi Nagrak RW.8 Kel. Benteng Kec. Warudoyong Mintarja Lanjut
114 Warudoyong Benteng Benteng Jaya Benteng Brunei RT. 1/9 Kel. Benteng Kec. Warudoyong Tubagus Wahyudin Lanjut
115 Warudoyong Sukakarya Tani Mukti Babakan RT. 4/3 Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Uloh Lanjut
116 Warudoyong Sukakarya Tani Mekar Cijambe Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong H. Edi Suhaedi Lanjut
117 Warudoyong Sukakarya Tani Maju Cikareo Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Otang Lanjut
118 Warudoyong Sukakarya Sejahtera Kubang Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Edi Lanjut
119 Warudoyong Sukakarya Mekar Tani Bantar Panjang RT. 3/9 Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Wawan Setiawan Madya
120 Warudoyong Sukakarya Terlaksana Jl. Palasari RT. 3/7 Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Herry Suherman Madya
121 Warudoyong Sukakarya Makmur Kp. C. Ngumbang RT. 2/8 Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Engkos Wahyudin Madya
122 Warudoyong Sukakarya Bina Karya bersemi babakan Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Hj. Badriah Pemula
123 Warudoyong Sukakarya Subur Tani Jl. KH. Sanusi RT. 4/1 Kel. Sukakarya Kec. Warudoyong Enjang, S.Ag Lanjut
124 Gunung Puyuh Karangtengah Sejahtera Pasir Pogor RW 08 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Solehudin Madya
125 Gunung Puyuh Karangtengah Nur Hikmah Babakan Garung RW 06 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Uji Jarnuji Madya
126 Gunung Puyuh Karangtengah Bina Harapan Garung RW 07 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Oman Sulaeman Madya
127 Gunung Puyuh Karangtengah Mucekil Leles RW 16 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Ece Munawar Madya
128 Gunung Puyuh Karangtengah Cahaya Mandiri Pasir Pogor Bawah RW 08 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Oman Adurohman Lanjut
129 Gunung Puyuh Karangtengah Danau Bambu Lestari Situ Awi RW 01 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Edi Sudrajat Madya
130 Gunung Puyuh Karangtengah Maju Sejahtera Bersama Ciseureuh RW 5 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Cecep Z M Lanjut
131 Gunung Puyuh Karangtengah KWT Sejahtera Pasir Pogor RW 08 Kel. Karangtengah Kec. Gunung Puyuh Nenah Pemula
132 Gunung Puyuh Gunung Puyuh Subur Tegalpari RT.1/11 Kel. Gunung Puyuh Kec. Gunung Puyuh Harun Yusup S Lanjut
133 Gunung Puyuh Gunung Puyuh Hikmah Tani Gg. Merak RW.3 Kel. Gunung Puyuh Kec. Gunung Puyuh H. Muh. Kusoy Lanjut
134 Gunung Puyuh Gunung Puyuh KWT Gelatik Gg Gelatik II Rt 03/011 Kel. Gunung Puyuh Kec. Gunung Puyuh Susy Mudjiwati Pemula
135 Gunung Puyuh Sriwidari Sri Rejeki Sri Rejeki RW 03 Kel. Sriwidari Kec. Gunung Puyuh Tjetjep Murnama A Madya
136 Gunung Puyuh Sriwidari Skip Skip RW 05 Kel. Sriwidari Kec. Gunung Puyuh Chairul Bakti Lanjut
137 Gunung Puyuh Karamat Wirabumi Karamat RT.2/3 Kel. Karamat Kec. Gunung Puyuh Tarmidi Madya
138 Gunung Puyuh Karamat Bhineka Tani Jl. Bhineka Karya RT.3/6 Kel. Karamat Kec. Gunung Puyuh Daman Madya
139 Cikole Cikole Ades Mandiri Cimanggah Kel. Cikole Kec. Cikole Ade Sumirat Lanjut
140 Cikole Cisarua Sadar Manah Babakan Jampang Kel. Cisarua Kec. Cikole H. Judin Lanjut
141 Cikole Cisarua Subur Tani Babakan Jampang Kel. Cisarua Kec. Cikole Sutarja Madya
142 Cikole Cisarua Tunas Madiri Babakan Jampang Kel. Cisarua Kec. Cikole Syarifudin K Pemula
143 Cikole Cisarua Kadeudeuh (KWT) Cijangkar Kel. Cisarua Kec. Cikole Aji Saparudin Lanjut
144 Cikole Cisarua Dwi Karya Mandiri Gg. Juli Kel. Cisarua Kec. Cikole Adi Adiyatman Pemula
145 Cikole Cisarua Barokah Ciaul Pasir Kel. Cisarua Kec. Cikole Irfan Arifin  
146 Cikole Cisarua Bina Usaha Mandiri Babakan Jampang Kel. Cisarua Kec. Cikole Irfan Ruswanda  
147 Cikole Subangjaya Tunas Mekar Subangjaya Kel. Subangjaya Kec. Cikole Zaenal Abidin D Lanjut
148 Cikole Subangjaya Makmur Jaya Subang Kulon Kel. Subangjaya Kec. Cikole Ujang Dayat Lanjut
149 Cikole Subangjaya Mukti Tani Subangjaya Kel. Subangjaya Kec. Cikole Ujang Kuswandi Madya
150 Cikole Subangjaya Wargi Tani Subangjaya Kel. Subangjaya Kec. Cikole Engkos Kosasih Lanjut
151 Cikole Subangjaya Sinar Tani Ciaul Pasir Kel. Subangjaya Kec. Cikole Yudi Januar, S.Pd  
152 Cikole Subangjaya Iqbal Tani Al-Musthofa Kel. Subangjaya Kec. Cikole Cecep Musthopa Lanjut
153 Cikole Subangjaya Daun Muda Pasir Ipis Kel. Subangjaya Kec. Cikole Dadan Pemula
154 Cikole Subangjaya Warga 05 Subangjaya Kel. Subangjaya Kec. Cikole Kasto Madya
155 Cikole Subangjaya Campaka 234 (KWT) Ciaul Pasir Kel. Subangjaya Kec. Cikole Ai Sumartini Pemula
156 Cikole Subangjaya Maju Jaya (KWT) Subangjaya Kel. Subangjaya Kec. Cikole Nani Maryani Pemula
Facebook Comments

One Response to Kelompok Tani

  1. Ayo maju terus pejuang rakyat, wujudkan ketahanan pangan Indonesia…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web Design MymensinghPremium WordPress ThemesWeb Development

Kawal HET Beras, Mendag Siap Turun Bersama Satgas Pangan dan Kementan

9 October 20179 October 2017
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan ( Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, guna melakukan pengawasan terhadap aturan Harga Eceran Tertinggi ( HET) beras, pihaknya akan terus melalukan pemantauan di lapangan bersama dengan Satgas Pangan dana Kementerian Pertanian. Mendag mengungkapan, saat ini terjadi kecenderungan harga beras premium mengalami penurunan. Namun sebaliknya, beras medium mengalami kenaikan akibat beras medium dimasukan dalam klasifikasi beras premium dengan menaikkan kualitas berasnya. "Iya jadi premium turun, tapi medium cenderung lari ke premium, kami akan segera mengingatkan, kami akan turun bersama dengan Satgas Pangan, Kementan dan Kemendag," ujar Mendag Enggartiasto di sela-sela acara Rakornas Kadin Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta, Selasa (3/10/2017). Mendag menegaskan, pihaknya juga akan turun melakukan pemeriksaan terkait penerapan HET beras, hal ini dilakukan untuk memastikan aturan HET beras berjalan dengan baik. "Kami akan turun dan memeriksa dan mengingatkan mereka jangan pernah ada penjulaan menyimpang dari HET yang telah ditetapkan," tegas Mendag. Mendag mengklaim, adanya aturan HET beras mampu menurunkan harga beras premium secara signifikan. "Premium sebenarnya lebih dari Rp 300 per kilogram, karena dari rata-rata Rp 17.000 per kilogram, sekaranh turun memenuhi ketentuan Rp 12.800 per kilogram, hanya yang medium mereka naik ke premium,  jadi dengan meningkatkan kualitas sedikit tapi harganya naiknya banyak," pungkas Mendag. Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) berasi untuk wilayah Jawa, Lampung dan Sumatera Selatan, beras medium Rp 9.450 per kilogram dan premium Rp 12.800 per kilogram. Kemudian wilayah Sumatera (tidak termasuk Lampung dan Sumatera Selatan), beras medium Rp 9.950 per kilogram, premium Rp 13.300 per kilogram. Bali dan Nusa Tenggara Barat, beras medium Rp 9.450 per kilogram, premium Rp 12.800 per kilogram. Di Nusa Tenggara Timur, beras medium Rp 9.950 per kilogram, premium Rp 13.300 per kilogram. Dan wilayah Sulawesi, beras medium Rp 9.450 per kilogram, premium Rp 12.800 per kilogram. Di Kalimantan, beras medium Rp 9.950 per kilogram, premium Rp 13.300 per kilogram.      
Sumber : http://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/03/155639226/kawal-het-beras-mendag-siap-turun-bersama-satgas-pangan-dan-kementan

Modernisasi Pertanian Jadi Andalan Kementan Menghadapi Globalisasi

5 October 20175 October 2017
Jakarta - Seiring berlakunya pasar bebas alias globalisasi, arus barang termasuk produk pertanian seperti halnya bahan pangan pokok akan semakin bebas dan mudah memasuki wilayah Indonesia. Ini menjadi potensi ancaman bagi petani lokal dan berpotensi menimbulkan ketergantungan pangan kita kepada asing. Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, kunci menghadapi globalisasi tersebut adalah efisiensi usaha tani. Potensi ancaman tersebut dapat dihadapi dengan 3 langkah yang bersifat mikro yaitu meningkatkan jumlah produksi sehingga tercapai kecukupan pangan nasional, dan meningkatkan efisiensi biaya produksi sehingga produk pertanian memiliki daya saing harga. "Kemudian meningkatkan kualitas sehingga produk pertanian memiliki daya saing kompetitif serta mengupayakan kontinuitas suplai pangan. Secara makro misalnya perlunya regulasi sektor pertanian dan perlindungan yang lebih baik kepada petani termasuk perlindungan dari berbagai bencana alam serta pengembangan sarana dan prasarana pertanian termasuk pengembangan industri alsintan dalam negeri," ujar Wakil Herman Khaeron. Semua langkah tersebut, jelas Herman, tidak terlepas dari keberhasilan implementasi teknologi pertanian modern. Melalui kebijakan pemerintah yang mengutamakan keberpihakan kepada petani di antaranya dengan meningkatkan fasilitasi bantuan alat mesin pertanian (alsintan) secara signifikan, telah menggeser kegiatan usaha pertanian dari sistem tradisional menuju pertanian yang modern. "Modernisasi pertanian dapat dilihat pada penggunaan metode budidaya yang lebih baik dan efektif, penerapan alat mesin pertanian dengan teknologi tepat guna dari mulai pengolahan lahan, pemanenan dan penanganan pasca panen, penggunaan benih unggul, pemupukan yang tepat guna dan mencukupi, penggunaan SDM pertanian yang lebih berkualitas, serta efisiensi penggunaan sumberdaya alam terutama air irigasi, sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga," paparnya. Herman menambahkan, modernisasi juga melingkupi aspek pasca panen seperti sistem panen, pengolahan hasil dan pembuatan kemasan modern dan aman, tata niaga yang efisien, serta terus menerus menyempurnakan kebijakan pemerintah yang kondusif bagi kegiatan usaha pertanian. "Modernisasi pertanian juga mesti mampu menjamin ketersediaan suplai berdasarkan penataan masa panen dan teknik pengemasan hasil yang baik. Modernisasi pertanian juga termasuk skim pembiayaan pada petani dan sistem penjaminan usaha tani melalui asuransi, sehingga petani mampu berproduksi dengan optimal," tuturnya. Kementerian Pertanian (Kementan) melihat pentingnya penerapan alsintan modern agar petani lebih berdaya saing menghadapi pasar bebas MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Pada tahun 2010-2014 jumlah bantuan alsintan yang dibagikan hanya kurang dari 50.000 unit dan pada tahun 2015–2017 jumlah bantuan alsintan berbagai jenis yang dibagikan pemerintah kepada petani berjumlah lebih dari 321.000 unit atau naik lebih dari 600%. "Melalui modernisasi pertanian terbukti bisa meningkatkan produktivitas pangan sehingga proses produksi beras bisa lebih efisien. Modernisasi pertanian yang tepat guna dan efisien akan mampu menangkal dampak buruk globalisasi, dan menjadi salah satu kunci sukses menghadapinya," jelas Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Pending Dadih Permana. Menurut data Kementan, produksi GKG tahun 2015 mencapai 75,55 juta ton, setelah petani menggalakkan penggunaan alsintan, produksi meningkat 4,66% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 70,85 juta ton, dan pada tahun 2016 lalu produksi GKG mencapai 79 juta ton GKG. Tahun 2017 ini produksi GKG sebesar 85,5 juta ton atau setara 55,5 juta ton beras, sedangkan konsumsi sebesar 32,7 juta ton beras sehingga masih terdapat surplus konsumsi yang diharapkan bisa diekspor. Adapun target produksi jagung adalah 30,5 juta ton serta kedelai target produksinya 1,2 juta ton. Menurut hitungan sederhana, lanjutnya, penggunaan alsintan dari mulai olah sawah, penanaman, pembersihan gulma, pemupukan sampai pemanenan menggunakan combine harvester, dapat meningkatkan efisiensi biaya antara 30%-40%. "Apabila 1 Ha biaya produksi padi secara manual adalah Rp 6.500.000,- per musim, maka dengan alsintan ini dapat menghemat sampai 40% yaitu sekitar Rp 2.600.000,- juta per Ha per musim sehingga biaya produksi hanya Rp 3.600.000,- juta per Ha," paparnya. Dari tahun 2015 sampai dengan 2017, Kementan telah membagikan lebih dari 321.000 unit Alsintan dari berbagai jenis seperti traktor roda 2 dan roda 4, transplanter, combine harvester, pompa air, dryer, power thresher, dan corn sheller. "Diperlukan pendampingan dan pengawalan dalam pemanfaatannya agar bantuan alsintan tepat arah, sasaran, dan tujuan. Jika pemanfaatan bantuan alsintan dapat optimal, diharapkan akan mampu mengungkit atau mengangkat produksi padi, jagung, dan kedelai," jelas dia. Pending menambahkan, untuk mendukung pengembangan mekanisasi pertanian di Indonesia diperlukan dukungan kebijakan lintas sektor terutama dengan Kementerian Perindustrian, sangat dibutuhkan dukungan dalam pengembangan bengkel alsintan dan industri spare part oleh industri UKM. "Selain itu juga diperlukan dukungan kemudahan untuk investasi di bidang industri alsintan, yaitu seluruh sektor terkait alsintan disinergikan menuju kemandirian Indonesia dalam memproduksi alsintan atau bahkan sebagai ekportir alsintan," tambahnya.      
Sumber : http://www.pertanian.go.id/ap_posts/detil/1199/2017/10/04/10/43/38/Modernisasi%20Pertanian%20Jadi%20Andalan%20Kementan%20Menghadapi%20Globalisasi

Meneropong Kembali Bawang Merah Nasional

5 October 2017
Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Spudnik Sujono, menyatakan membaiknya produksi dan harga bawang merah berdampak positif terhadap perekonomian nasional. Sebab, komoditas tersebut kini turut menjadi salah satu faktor deflasi pada Agustus 2017, setelah sekian lama "dituduh" penyebab inflasi nasional. Menurutnya, capaian tersebut pun berdampak positif terhadap petani. Mereka sekarang berlomba-lomba mencoba peruntungannya untuk tanam bawang merah. Apalagi, pemerintah melalui Kementan sudah menutup keran impor semenjak 2016 hingga kini dalam rangka membangkitkan gairah petani serta menekan biaya produksi. "Adanya program pemerintah yang saling bersinergi untuk mengatur komoditas ini, juga berimplikasi dengan maraknya pertanaman bawang merah seantero Indonesia Raya. Sentra-sentra baru terus bermunculan sepanjang dua tahun terakhir ini," ujar Spudnik di Jakarta, demikian disampaikan beberapa hari yang lalu (29/9/2017). Karenanya, bawang merah kini tidak cuma tersohor di Brebes dan Cirebon, melainkan juga di Enrekang Sulawesi Selatan, Solok Sumatera Barat, Tapin Kalimantan Tengah, Demak Jawa Tengah, Nganjuk Jawa Timur, Bima Nusa Tenggara Barat, dan sebagainya. Sehingga, daerah-daerah yang awalnya sangat tergantung dengan pasokan di Pulau Jawa, perlahan mandiri. "Dan tentu saja, hal ini telah membentuk suatu tatanan tata niaga yang baru, di mana jalur distribusi dari dan ke suatu daerah memiliki kecenderungan berubah. Perdagangan bawang merah sedang menuju titik keseimbangan baru yang ditandai dengan makin rendahnya fluktuasi dan disparitas harga," papar Spudnik. Mantan Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan itu kemudian menerangkan upaya-upaya yang telah dilakukan Kementan demi terwujudnya swasembada bawang merah. Katanya, meningkatnya produksi komoditas tersebut tak lepas dari dukungan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta pengawasan terhadap pola tanam bawang merah. Pemerintah, sambung Spudnik, juga membuat instrumen pengatur harga batas bawah di produsen dan batas atas pada konsumen untuk beberapa komoditas strategis, termasuk bawang merah. Melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 27 Tahun 2017, disepakati batas bawah untuk konde basah Rp15 ribu, konde askip Rp18.300, dan rogol askip Rp22.500. "Sedangkan batas atas, yaitu di tingkat konsumen Rp32.000. Permendag ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan dan rencana aksinya," katanya. 'Jurus' lain ialah bermitra dengan petani atau disebut "Champion" yang berkomitmen membantu pemerintah dalam stabilisasi harga. Lalu, pemerintah mendukung industri rumah tangga sebagai bentuk perhatian di sektor hilir dengan memberikan alat pengolah bawang merah yang dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk, khususnya di saat panen melimpah. Spudnik mengatakan, pemerintah melakukan itu semua semata-mata demi kesejahteraan petani, menjaga pasokan dan harga bawang merah. Sehingga, semua petani dapat menikmati jerih payahnya dengan harga jual yang pantas dan keterjangkauan di tingkat konsumen. Di sisi lain, pemerintah mengakui tidak mampu bekerja sendiri untuk menjaga stabilitas stok dan harga bawang merah sekaligus menyejahterakan petaninya secara berkesinambungan. Karenanya, diharapkan adanya dukungan dari pihak lain, agar hal tersebut dapat terwujud sekaligus memperbaiki perekonomian nasional. Misalnya, kala petani mengeluh soal rendahnya harga jual, diharapkan ada dukungan dan sinergisitas, seperti dari perbankan, BUMN, Kementerian Perdagangan, Kementan, TPID, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Perindustrian, serta pelaku usaha lainnya dalam penanganannya. "Saya berkeyakinan, semua pihak memiliki peran penting masing-masing yang dapat saling bersinergi untuk bersama-sama menyejahterakan petani bawang merah. Pemerintah dapat menelurkan serangkaian kebijakan yang mampu menarik investasi di bidang ini, sehingga swasta dapat menggarap bidang yang menarik ini untuk bersama-sama menjaga stabilitas pasokan dalam jangka panjang," tuturnya. Swasta, lanjut peraih gelar doktor dari Universitas Brawijaya itu, kemudian bisa memfasilitasi sarana dan pendampingan teknis yang dibutuhkan petani, sementara pemerintah membangun infrastruktur penunjang. Misalnya, jaringan irigasi dan paket regulasi pendukung demii terwujudnya Indonesia sebagai produsen pangan yang handal. "Dengan begitu, cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045 dapat lebih mudah tercapai dan kesejahteraan petani bawang merah dapat tercapai pula," tutup Spudnik.    
Sumber : http://www.pertanian.go.id/ap_posts/detil/1191/2017/10/02/09/22/11/Meneropong%20Kembali%20Bawang%20Merah%20Nasional

Mentan Pimpin Indonesia Pada Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN Bidang Pertanian, Perikanan dan Kehutanan

5 October 2017
Chiang Mai - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman selaku Ketua AMAF Indonesia memimpin delegasi Indonesia yang terdiri dari pejabat-pejabat Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Luar Negeri pada pertemuan ASEAN Ministers on Agriculture and Forestry (AMAF) ke-39 (39th AMAF), dan ASEAN Ministers on Agriculture and Forestry Plus Three ke-17 (17th AMAF+3), pada 28-29 September lalu. Rangkaian pertemuan AMAF ke-39 dan AMAF+3 ke-17 yang dihadiri oleh seluruh Menteri dan/atau Wakil Menteri Pertanian negara-negara ASEAN dan ASEAN+3 (Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan) ini, dibuka resmi oleh Wakil Perdana Menteri Thailand, Air Chief Marshal Prajin Juntong. Dalam sambutannya, Amran Sulaiman menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung upaya peningkatan ketahanan dan keamanan pangan di kawasan, salah satunya dengan mendukung pengesahan Panduan ASEAN dalam penggunaan anti microbial pada ternak yang tidak hanya akan melindungi kesehatan hewan, tapi juga kesehatan masyarakat di kawasan ASEAN. Selain itu, juga disampaikan dukungan Indonesia terhadap pembentukan ASEAN Coordinating Center for Animal Health and Zoonoses atau ACCAHZ yang akan mendukung upaya pencegahan dan pengawasan penyakit lintas batas dan zoonoses di kawasan. Rencana pembentukan center ini juga akan mendukung program Pemerintah Indonesia dalam upaya pencapaian swasembada daging Indonesia dengan mencegah masuknya berbagai penyakit hewan melalui perbatasan-perbatasan Indonesia dengan negara-negara ASEAN. Secara umum pertemuan ini bertujuan untuk membahas sejumlah dokumen kerja sama yang telah direkomendasikan oleh SOM AMAF seperti pada kerja sama sub sektor peternakan, tanaman pangan, perikanan, kehutanan. Pada sektor ketahanan pangan, para Menteri ASEAN menyepakati ASEAN Regional Guidelines on Food Secusrity and Nutrition Policy sebagai kerangka umum untuk memperkuat kerja sama ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih kuat di kawasan. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan keamanan produk pertanian serta memfasilitasi perdagangan produk pertanian ASEAN, para Menteri ASEAN menyetujui 10 (sepuluh) dokumen terkait harmonisasi Maximum Residue Limits (MRLs), mekanisme registrasi vaksin hewan di ASEAN, sistem identifikasi dan ketertelusuran hewan di ASEAN, dan standar ASEAN untuk produk hortikultura seperti jagung muda, buncis, jamur, dan talas. Pada sektor perikanan, pertemuan tingkat Menteri ini telah mengesahkan dokumen ASEAN Catch Documentation Scheme for Marine Capture Fisheries sebagai salah satu alat untuk memerangi IUU Fishing dan menjamin legalitas produk perikanan ASEAN, sehingga dapat meningkatkan daya saing di pasar global. Selain itu, Indonesia juga melaporkan perkembangan penyusunan ASEAN Tuna Ecolabelling, untuk menjamin produk tuna ASEAN diperoleh dengan memperhatikan kelestarian sumber daya dan lingkungan. Menanggapi isu delisting carrageenan dari Daftar Nasional AS sebagai bahan makanan tambahan pada produk organik, Indonesia sebagai penghasil rumput laut terbesar di ASEAN telah menyampaikan dukungan terhadap upaya bersama untuk menolak delisting tersebut. Terkait usulan Thailand untuk menyusun ASEAN Common Fisheries Policy (ACFP), Indonesia menanggapi bahwa proposal tersebut tidak sesuai dengan karakter perikanan ASEAN yang didominasi oleh perikanan skala kecil, dan terdapat kesenjangan yang cukup besar pula dalam kemampuan pengelolaan perikanan antara negara anggota ASEAN. Indonesia menyatakan tidak mendukung ACFP dan mendorong ASEAN untuk mengimplementasikan berbagai dokumen kerja sama ASEAN sektor perikanan yang telah disepakati sebelumnya. Salah satunya adalah Resolution and Plan of Action on Sustainable Fisheries for Food Security for the ASEAN Region Towards 2020, yang diadopsi dan ditandatangani pada tahun 2011 oleh para menteri negara anggota ASEAN-SEAFDEC yang menangani sektor perikanan. Dokumen tersebut secara jelas menghargai hak berdaulat, kewajiban, tanggung jawab, dan perbedaan antar negara anggota ASEAN dalam pengelolaan sumber daya perikanan. Indonesia kembali menekankan bahwa yang dibutuhkan ASEAN saat ini adalah implementasi dokumen perikanan yang telah disepakati daripada menyusun sebuah Common Policy. Para Menteri ASEAN juga menyampaikan apresiasinya terhadap perkembangan kerja sama dibidang kehutanan yang mencakup peningkatan manajemen hutan berkelanjutan (SMU), sertifikasi hutan, pengembangan produk kehutanan, perlindungan satwa liar, dan berbagai isu pada Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), Forest Law Enforcement and Governance (FLEG), serta perubahan iklim. Pada pertemuan ASEAN Plus Three, para Menteri menyepakati rencana strategis kerjasama ASEAN Plus Three bidang pangan, pertanian, dan kehutanan periode 2016-2025, yang difokuskan pada upaya menjamin keamanan pangan, mempromosikan pembangunan pertanian dan kehutanan berkelanjutan, serta peningkatan perdagangan di negara-negara ASEAN Plus Three. Selain itu, para Menteri Pertanian ASEAN juga menyetujui rencana perpanjangan perjanjian ASEAN Plus Three Emergency Rice Reserve (APTERR) untuk 5 (lima) tahun kedepan (2018 - 2022). APTERR sendiri merupakan skema kerjasama ASEAN dengan negara-negara Plus Three yang ditujukan untuk memperkuat ketahanan pangan dan membantu negara-negara anggota khususnya dalam keadaan bencana alam atau darurat. Di sela-sela pertemuan tersebut, Indonesia juga berkesempatan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Korea Selatan dan Vietnam. Pertemuan bilateral dengan Korea, membahas keinginan peningkatan akses pasar produk pertanian kedua negara khususnya untuk produk susu dan buah tropis, serta kerjasama program pendidikan tinggi bidang pertanian bagi mahasiswa Indonesia ke Korea. Sementara pertemuan bilateral dengan Vietnam membahas upaya peningkatan kerjasama pertanian antara kedua negara.    
Sumber : http://www.pertanian.go.id/ap_posts/detil/1192/2017/10/02/14/46/02/Mentan%20Pimpin%20Indonesia%20Pada%20Pertemuan%20Tingkat%20Menteri%20ASEAN%20Bidang%20Pertanian-%20Perikanan%20dan%20Kehutanan

NTT Siap Ekspor Bawang Merah Organik

25 September 201725 September 2017
 
Pertanianku – Saat ini Kementerian Pertanian RI (Kementan) terus meggenjot potensi di sektor pertanian yang berada di wilayah perbatasan seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kementan melakukan Program Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai, Sapi Indukan Wajib Bunting, dan Penguatan Lumbung Pangan Perbatasan Berorientasi Ekspor. Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Ani Andayani, mengungkapkan bahwa Kementan kini tengah berupaya mengembangkan produksi bawang merah di NTT untuk ekspor ke Timor Leste, setelah sukses meningkatkan luas tambah tanam padi dan luas tambah tanam jagung di periode Oktober 2016—Maret 2017 yang masih lanjut menuju swasembada. “Menurut Direktur STO Ditjen Hortikultura, bawang merah di Malaka yang dikunjunginya beberapa hari lalu, itu berkualitas sangat baik dan layak ekspor selain bernas, warna cerah merona serta dibudidayakan secara organik,” jelas Ani yang juga Penanggung Jawab Program UPSUS Wilayah NTT, melalui keterangan tertulis, dilansir dari Antara (12/9). Lebih dari 200 ton bawang merah hasil panen raya para petani di Kabupaten Malaka, sejak pekan pertama Agustus, rencananya sebagian bakal diekspor ke Timor Leste. Wilayah yang menjadi lokasi penanaman bawang merah di NTT meliputi Kabupaten Malaka dan Belu. Di Malaka, telah dilakukan panen raya di desa Fafoe. Kemudian, bawang merah jenis tuk-tuk di Desa Kabuna, Kabupaten Belu, telah dilakukan panen perdana. Hasil panen tersebut merupakan pendampingan teknologi dan inovasi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT dengan rerata produksi hasil ubinan mencapai 13.28 ton per hektar. Program ini juga sekaligus menegaskan bahwa NTT yang selama ini dikenal identik dengan daerah kering dan hanya ada jagung, sekarang ini dengan terobosan program UPSUS Kementan bisa ditanami komoditas lain secara baik termasuk bawang merah dan bahkan bunga krisan.
Baca Juga:  Bagaimana Nasib Petani Garam di Indonesia
 
“Sudah mulai banyak sawah beririgasi terhampar dalam kawasan. Bahkan, ada yang satu kawasan bertaut sampai 4.000 hektare, yaitu di Lembor, Kabupaten Manggarai Barat,” tambahnya. Lebih lanjut Ani mengungkapkan, pencapaian tersebut membuktikan, bahwa NTT juga bisa menghasilkan komoditas bernilai tambah melalui sentuhan program yang pro petani sekaligus menjadi etalase bagi negara tetangga. Bawang merah organik jenis tuk tuk menjadi salah satu komoditas yang banyak ditanam di kabupaten perbatasan mengingat banyak pula ditemukan di Pasar Taebesi Timor Leste karena diminati masyarakat setempat. “Bawang putih juga ke depan pada saatnya akan mungkin ditumbuhkan di NTT mendukung ketersediaannya untuk berkontribusi menuju swasembada bawang putih nasional di 2019,” tutup Ani.        
Sumber : https://www.pertanianku.com/ntt-siap-ekspor-bawang-merah-organik/

Mentan: Indonesia Siap Ekspor Jagung

25 September 2017
Pertanianku – Berkat kerja keras yang dilakukan Kementerian Pertanian, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pada tahun ini Indonesia tak lagi impor jagung guna memenuhi kebutuhan. Hal ini karena Mentan menggenjot produktivitas jagung tanah air. Hasilnya, Indonesia kini siap untuk mengekspor jagung ke sejumlah negara di Asia Tenggara. ”Setelah impor puluhan tahun, bahkan negara tetangga Malaysia dan Filipina kini siap mengimpor dari Indonesia,” kata Mentan Amran, dalam penanaman jagung perdana, di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, baru-baru ini seperti dilansir dari Republika (19/9). Menurut Mentan, Indonesia sudah mengekspor jagung dari Gorontalo sebesar 200 ribu ton ke Filipina. Amran mengungkapkan, kebutuhan jagung dalam negeri sudah cukup, yaitu sebesar 21 juta hingga 23 juta ton. Lebih lanjut Mentan mengatakan bahwa pemerintah, menargetkan produksi jagung hingga 23 juta ton. Selain Bengkulu, daerah yang menjadi lumbung jagung adalah Lampung, Sumatera Barat, Medan, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, dan Sulawesi. ”Yang penting kita tidak impor,” tegas Mentan Amran.        
Sumber : https://www.pertanianku.com/mentan-indonesia-siap-ekspor-jagung/

Kita Harus Bersyukur, Beras Medium dan Premiun Kandungan Gizi Utama Sama

3 August 20173 August 2017
Penggerebekan beras oleh Satgas Pangan di Bekasi perlu kita lihat dari perspektif lain. Harga jual beras dengan kualitas premium di beberapa pasar tertentu mencapai 20 ribuan per kg. Konsumen yang biasa membeli beras tersebut selama ini tidak sadar bahwa beras yang dibelinya termasuk kategori mahal. Padahal semua gabah yang diproses menjadi beras, baik yang berasal dari varietas IR 64, Ciherang, Mekongga, Inpari, varietas lokal, dan varietas lainnya mempunyai kandungan gizi utama yang relatif sama yakni lemak 0-0,6%; protein 6-9% dan karbohidrat 70-85%. Saat kita memakan beras medium dan premiun sejatinya kita memakan nasi dengan kandungan gizi utama yang sama. Perbedaan utama kedua kelas beras tersebut hanyalah pada kualitas tampilan beras (utuh dan patah), derajat sosoh keberadaan cemaran seperti butir merah, butir kuning, dan benda asing lainnya. Beras dengan persentase beras kepala (butir hampir utuh hingga utuh) >95% dan derajat sosoh 100% kita sebut beras premium, sedangkan beras dengan persentase beras kepala <95% kita sebut beras medium. Beras premium dan medium setelah dimasak akan menjadi nasi dengan tampilan yang tidak jauh berbeda karena beras kepala sudah tercampur dengan beras patah. Yang akan terlihat berbeda adalah tampilan nasi akibat perbedaan derajat sosoh serta keberadaan butir merah/kuning/rusak yang biasanya terdapat dalam jumlah yang sangat kecil. Beras dengan kelas mutu dibawah medium sering disebut dengan beras non klas. Melalui pemrosesan ulang, yaitu memoles, mengayak, dan sortasi serta grading, beras dengan mutu rendah dapat menghasilkan beras dengan mutu yang lebih baik, tentu saja akan menghasilkan by products seperti menir, beras patah, dan beras yang tampilannya tidak putih lagi. Beras dengan derajat sosoh kurang dari 100% akan berwarna lebih gelap. Generasi terdahulu lebih menyukai nasi dari beras dengan derajat sosoh kurang dari 100%, karena pada beras tersebut masih terdapat lapisan aleuron yang banyak mengandung zat gizi. Pada umumnya, sebagian besar konsumen menilai enak/tidaknya nasi berdasarkan pada rasa dan teksturnya. Tekstur nasi sangat dipengaruhi oleh kadar amilosa. Secara sederhana, semua varietas padi yang ditanam oleh petani, dikategorikan menjadi 2 kelompok berdasarkan tekstur dan kadar amilosanya, yaitu beras pulen (soft) dan beras pera (hard). Disebut beras pulen bila kadar amilosanya 17-25% dan beras pera bila kadar amilosanya >25%. Hingga saat ini Kementerian Pertanian telah melepas lebih dari 200 varietas padi. Beberapa varietas unggul baru (VUB) Kementerian Pertanian ditanam hampir di 90% areal tanam padi. Beberapa varietas yang dominan adalah varietas Ciherang, Mekongga, INPARI, dan IR64. Semua VUB dominan yang ditanam petani tersebut berkategori beras pulen dengan kadar amilosa sebesar 20-25%. Jadi bisa disampaikan disini bahwa semua beras yang dihasilkan petani, 90%nya memberikan tekstur nasi yang hampir sama. Nah..disinilah biasanya pengusaha beras berimprovisasi untuk menghasilkan beras dengan rasa dan tekstur spesial, yang berdampak pada harga yang lebih mahal. Improvisasi pengusaha beras biasanya dilakukan dengan "blending", mencampur beberapa jenis beras yang pulen dengan yang lebih pulen sehingga diperoleh beras dengan tingkat kepulenan yang tepat. Kenapa beras "racikan" jadi mahal? Karena proses pencampuran berasnya dengan posisi ketersedian beras yang tidak sama. Beras yang lebih pulen seperti varietas Sintanur, Cimelati, Gilirang dengan kadar amilosa 18-19% tidak banyak ditanam petani sehingga produksinya terbatas dan harga gabahnya lebih mahal. Akan tetapi disparitas harga kedua jenis gabah padi tersebut tidak terlalu besar sekitar Rp.500,- hingga Rp. 1.000,- per kg GKP. Selain itu teknik untuk meracik beras tersebut tidak membutuhkan teknologi yang canggih, hanya butuh keterampilan yang memadai. Beras hasil racikan memang rasa nasinya lebih baik, tapi harganya tidak harus jauh melampaui harga beras "monovalen" (beras non racikan). Beras "racikan" premium tersebut masih wajar bila dihargai 10-11 ribu per kg dan akan sangat terasa mahal kalo dijual dengan harga sampai mencapai 20 ribuan. Bagaimana agar dapat beras yang enak tanpa "blending" sehingga harga lebih murah? Kita harus mendapatkan beras dengan kadar amilosa seperti kadar amilosa beras "racikan". Kementerian Pertanian telah melepas beberapa varietas unggul baru dengan kadar amilosa sebesar 18-20% yaitu varietas Inpari 2 (18.6%); Inpari 6, 18, 19 dan 24 (18%); Inpari 23 (17%); Hipa 10 (19.7 %); Hipa Jatim 1 (17%); Inpago 5 (18%); Gilirang (18,9%); Cimelati (19 %); dan Sintanur (18%). Kita tidak perlu membeli beras yang sedemikian mahal agar kita bisa makan nasi yang enak. (Wahab, MI)    
Sumber : http://www.pertanian.go.id/ap_posts/detil/1070/2017/08/03/08/39/10/Kita%20Harus%20Bersyukur-%20%20Beras%20Medium%20dan%20Premiun%20%20Kandungan%20Gizi%20Utama%20Sama
Terima kasih telah berkunjung ke website Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi