Sun. Feb 28th, 2021

DKP3 Kota Sukabumi

Profesional, Amanah, Peduli

Padi Varietas Baru, Bikin RI Bisa Panen Empat Kali Setahun

1 min read

JAKARTA – Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko menyatakan petani Indonesia bisa panen hingga empat kali dalam setahun, lewat pengembangan padi varietas baru yakni jenis M70D. Dia meyakini panen padi bisa lebih dari dua kali dalam setahun.

Keunggulan dari padi jenis ini, diterang olehnya adalah terletak pada masa panennya yang relatif cepat yakni 70 hari saja. Maka, tak heran jika padi varietas M70D ini, bisa dipanen sebanyak empat kali dalam setahun. ‎”Ini bisa dalam 70 hari, dalam 1 tahun bisa tanam dan panen empat kali,” ujar dia di Balai Kartini, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Dia melanjutkan untuk di daerah Jember, Jawa Timur, produksi padi varietas biasa, rata-rata sebesar 9,6 ton per hektar (ha). Maka jika ditanam dengan varietas M70D akan menghasilkan 28 ton per ha dalam empat kali panen.

“Kalau tanam dalam empat kali ya menghasilkan 28 ton hasil per ha. Lahan (padi) ada 8,1 juta ha. Kalau kita tanam-tanam 2 juta ha saja, maka hasilnya 56 juta ton (gabah), menjadi 28 juta ton beras‎,” jelas dia.

Moeldoko melanjutkan, dengan menghasilkan 28 juta ton beras, maka pada akhirnya, pemenuhan kebutuhan beras nasional akan tercapai hingga 60%. Sebab saat ini konsumsi beras di dalam negeri sebesar 36 juta ton. “Kalau 28 juta ton beras, berarti sudah 60% kebutuhan beras di Indonesia terpenuhi. Karena kebutuhan kita kan 36 juta ton,” pungkasnya.

(akr)

 

 

 

Sumber : https://ekbis.sindonews.com/
Facebook Comments
Artikel Sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *