Sun. Feb 28th, 2021

DKP3 Kota Sukabumi

Profesional, Amanah, Peduli

Peringatan HPS Tingkat Kota Sukabumi Ke-35

3 min read

Kota Sukabumi,

Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sukabumi menyelenggarakan Kegiatan Peringatan Hari Pangan Se-Dunia (HPS) Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2015 yang dilaksanakan di Gedung Korpri, Jalan Pelabuan Kota Sukabumi (26/11/2016). Kegiatan yang mengangkat tema “Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangam Potensi Pangan Lokal, Kita Wujudkan Ketahanan Pangan di Kota Sukabumi” dibuka secara resmi oleh Bapak Walikota Sukabumi dan dihadiri oleh para stakeholder pertanian dan SKPD di lingkungan Kota Sukabumi. Dalam sambutannya, Bapak Walikota menyatakan HPS merupakan hari yang baik untuk mengevaluasi diri sampai sejauh mana kita semua memberikan perhatian yang cukup terhadap pangan yang merupakan kebutuhan dasar hidup manusia yang tidak terbatas waktu, tidak dapat ditunda-tunda, tidak dapat ditukar secara fisik serta memerlukan sinergitas hampir seluruh sektor pembangunan.

Kondisi Kota Sukabumi ditinjau dari aspek ketersediaan pangan relatif aman, karena peran dan fungsi kota kita merupakan pusat distribusi barang dan orang, dimana seluruh produk pangan tersedia dipusat perdagangan yang ada di Kota Sukabumi. Namun demikian pangan tersebut tidak dapat kita peroleh bilamana daya beli masyarakat kita rendah. Walikota juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat yang bergerak dibidang usaha produksi pangan, untuk tetap memperhatikan kaidah dan ketentuan yang berlaku dalam usahanya, agar tidak menimbulkan kerugian dan keresahan di masyarakat. Dalam kesempatan memperingati HPS, Walikota mengingatkan kepada masyarakat luas, untuk secara bersama-sama turut serta mewujudkan pangan yang beragam, bergizi, seimbang, aman dan halal (B2SAH) berdasarkan kedudukan dan perannya masing-masing agar menjadi masyarakat yang sehat, produktif dan memiliki daya saing, saat ini dan mendatang.

Dalam kesempatan tersebut pula diserahkan Sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) kepada swalayan ” Superindo Subang Jaya ” dan sertifikat Halal dari MUI Prov. Jabar kepada RPH ( Rumah Potong Hewan ) Sukabumi.

Setelah pembukaan kegiatan selesai, Bapak Walikota selanjutnya meninjau jalannya serangkaian kegiatan lain telah dipersiapkan pada kegiatan HPS kali ini diantaranya Soft Launching Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC), Workshop Terarium, dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) yang dipusatkan di KAC.

Tiba di Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC), Kepala DP2KP Kota Sukabumi, Ibu Ir. Hj. Kardina Karsoedi, MT beserta Para Kabid dan Kasubbag Perencanaan Program DP2KP mendampingi Bapak Walikota meninjau ke beberapa lakasi di sekitaran KAC yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan.  Lokasi pertama yang dikunjungi yaitu Kolam Budidaya Ikan. Di Lokasi ini Bapak Walikota menyaksikan antusiasme 210 orang siswa siswi Sekolah Dasar di Kota Sukabumi yang turun ke kolam menangkap ikan yang telah disediakan DP2KP Kota Sukabumi. Siswa siswi ini sebelumnya telah mengikuti kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) dan diharapkan mereka senang mengkonsumsi ikan didalam keseharian mereka. Tidak hanya siswa siswi, masyarakat yang berada di kolam, turut serta turun ke kolam untuk menangkap ikan

Selanjutnya, peninjauan ke Screen House dan kebun di halaman Sekretariat KAC. Di Screen House pertama yang berisi tanaman buah melon, Bapak Walikota melakukan pemetikan buah melon yang siap panen sebagai tanda diresmikannya Soft Launching Kawasan Agroeduwisata Cikundul (KAC). Kepala DP2KP dan beberapa tamu undangan, berkesempatan melakukan pemetikan buah melon lainnya yang siap panen. Selanjutnya Bapak Walikota diajak berkeliling ke Screen House ke-2 dan ke-3 yang berisi Akuaponik, aneka sayuran organik dan tanaman obat keluarga (TOGA).

Sebelum mengakhiri kunjungan di KAC, Bapak Walikota berkesempatan meninjau Kegiatan Workshop Terarium yang dihadiri oleh sekitar 40 orang siswa siswi perwakilan SMA/SMK se-Kota Sukabumi. Pada sesi ini, para peserta berkesempatan berphoto bersama dengan Bapak Walikota.

(Guns)

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Artikel Sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *